Energi listrik merupakan sebuah keperluan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Yah, kata itu memang sering di katakan dan benar sekali. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan dan kondisi dunia ini tanpa adanya energi listrik. Tentu akan sangat kacau bukan?

Oleh karena itu, sudah banyak ide dan inovasi yang di coba kembangkan sebagai energi yang terbarukan. Ide dan inovasi ini diharapkan dapat mempertahankan energi listrik yang ada pada saat ini. Sudah banyak ide dan inovasi mengenai sumber energi listrik yang ada. Di Indonesia sendiri sudah ada rencana mengenai percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Selengkapnya mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) sebagai proyek baru yang dijalankan oleh pemerintah kamu bisa baca artikel sebelumnya yah!

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai energi listrik tenaga surya. Pembangkit LIstrik Tenaga Surya merupakan salah satu alternatif sumber energi listrik yang berasal dari panas sinar matahari. Namun, alternatif pembangkit listrik yang satu ini masih memiliki kelemahan loh teman-teman. Ya, sumber utama dari pembangkit listrik ini adalah sinar matahari. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa matahari tidak selamanya memancarkan sinar dan panasnya karena faktor cuaca.

Cuaca yang sedang terjadi tidak selamanya bisa memunculkan matahari, misalnya saja pada musim hujan dan musim salju. Kita tidak bisa mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk menghasilkan energi listrik secara terus menerus. Selain itu, biaya  dari reaktor yang cukup mahal juga menjadi hambatan dan penghalangnya.

RUMAH SEBAGAI PENGHASIL ENERGI LISTRIK TENAGA SURYA

Kalian pernah membayangkan tidak bangunan rumah yang kalian tempati bisa menghasilkan energi listrik? Ternyata hal itu tidak mustahil dan bisa diwujudkan loh teman-teman. Mulai dari atap, tembok, jendela hingga tirai yang kita gunakan. Wah, menarik sekali bukan? penasaran kan, bagaimana cara rumah kita bisa menjadi energi pembangkit listrik tenaga surya. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

ATAP RUMAH SEBAGAI PENGHASIL ENERGI LISTRIK

Atap Rumah Sebagai Penghasil Energi Listrik

Kemajuan teknologi yang semakin canggih mampu membuat atap rumah sebagai penghasil energi listrik dengan bantuan panas matahari pada saat ini. ide dan inovasi pembuatan genting yang mampu menghasilkan energi listrik ini diciptakan oleh salah satu perusahaan yang ada di California, Amerika Serikat dengan produk unggulannya yaitu genting bertenaga surya.

Perusahaan tersebut berhasil menciptakan produk yang memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan. Bagaimana bisa genting rumah mampu menghasilkan energi listrik? mungkin hal inilah yang menghantui pikiran kalian. Jadi, sebenarnya genting yang mereka buat ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang cukup canggih sebagai penangkap panas sinar matahari yang dapat diubah menjadi energi listrik yaitu dengan genting yang berbahan dasar kaca yang bertekstur dan dilengkapi dengan panel fotovoltalk.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut cara kerja genting atau atap rumah penghasil energi listrik yang sudah berhasil diciptakan.

  • Genting yang berbahan dasar kaca yang bertekstur dan dilengkapi dengan panel fotovoltalk dipasangkan di atas rumah.
  • Setelah itu, panas dari terik matahari akan diserap oleh panel.
  • Kemudian, panas sinar matahari akan diubah menjadi energi listrik yang nantinya akan disimpan dalam powerwall 2 yang merupakan baterai litium ion 14 kWh.
  • Selesai, genting akan mendistribusikan energi listrik yang dapai dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Sangat fantastis sekali bukan? selain dapat menghemat pengeluaran, atap ini ternyata juga lebih kuat dibandingkan dengan atap yang biasanya loh.

MEMANEN ENERGI LISTRIK DARI TEMBOK RUMAH

Memanen Energi LIstrik dari Tembok Bangunan

Ternyata tidak hanya atap saja yang dapat menghasilkan energi, tembok rumah kita pun bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik. ide dan inovasi sumber energi alternatif ramah lingkungan ini datang dari Negara Jerman yang mampu membuat teknologi panel surya organik dengan efisiensi yang cukup tinggi.

Panel surya yang diciptakan ini berbentuk lembaran dengan komposisi bahan yang terbuat dari karbon dan hidrogen. Berbeda dengan sel surya yang terbuat dari silisium, lembaran sel surya ini sangat ringan sehingga sangat mudah untuk direkatkan di dinding rumah kita loh teman-teman.

Walaupun belum seefisien sel surya anorganik yang terbuat dari silium, namun teknologi panel penghasil energi listrik ini mampu menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan dan efisien. Menurut informasi dari perusahaan yang menciptakan teknologi energi listrik ini, lembaran sel surya organik dalam bentuk gulungan yang cukup besar tidak hanya dapat dipasang pada tembok bangunan saja, namun juga dapat dipasang di badan mobil dan juga pakaian. Wah, sangat menarik sekali bukan? misalkan benar dapat ditempelkan dipakaian kita tidak perlu repot-repot mencari tempat charger smartphone kita. Kita hanya memerlukan kabel dan colokan untuk bisa menyambungkan energi listrik yang sudah tertampung ke smartphone kita. Boleh nih jadi inovasi selanjutnya, tapi seperti tidak segampang itu ya teman-teman.

JENDELA PENGHASIL ENERGI LISTRIK

Jendela Penghasil Energi Listrik

Setelah terdapat banyak inovasi mengenai energi terbarukan, mulai dari tembok dan atap yang dapat menghasilkan energi listrik. Jendela rumah kita ternyata juga dapat dijadikan penghasil energi listrik. cara kerja jendela canggih ini sama dengan atap dan tembok yang menggunakan sinar matahari sebagai penghasil energi.

Cara kerja dari jendela pintar ini adalah ketika kaca jendela diletakkan secara datar, maka flouresensi yang dilapisi pada kaca jendela akan menyerap sinar surya dan mengarahkannya ke tepi kaca. Nah, pada saat itulah, proses penyerapan cahaya dapat digunakan untuk mendorong panel surya dan dapat menghasilkan energi listrik. Dengan menggunakan panel surya silikon, jendela pintar ini tidak hanya dapat menghasilkan energi listrik tetapi juga dapat dijadikan penghalang sinar radiasi yang berbahaya dan penghalang suara jika digunakan pada halte bus.

TIRAI JUGA BISA MENGHASILKAN ENERGI LISTRIK?

Tirai Juga Bisa Menghasilkan Energi Listrik

Tidak hanya atap, genting, dan juga jendela saja yang dapat menghasilkan enegi listrik untuk kebutuhan berumah tangga. Pasalnya, tirai ternyata juga dapat dijadikan sebagai penghasil energi listrik loh. tirai cerdas yang satu ini merupakan sebuah ide dan inovasi yang berasal dari Ukrania. Mereka mampu menciptakan produk masa depan yakni tirai jendela bertenaga surya.

Selain dapat berfungsi untuk meneduhkan ruangan atau rumah, tirai ini juga memiliki sel surya dan mekanisme motor pelacak otomatis cahaya matahari. Sama seperti yang lainnya tirai ini bekerja untuk menghasilkan energi listrik dengan menangkap sinar matahari.

Pasalnya nih, tirai yang juga memiliki unsur estetika ini terbuat dari sel surya yang diprediksi dapat bertahan selama 25 tahun dan dapat menghasilkan listrik yang dapat langsung dimanfaatkan atau dialirkan ke baterai penyimpanan dan dapat digunakan di malam hari.

Menurut perusahaan yang menciptakan tirai ajaib ini, setiap meter persegi tirai akan menghasilkan energi listrik sekitar 100 watt/jam setiap harinya apabila dipasang diluar jendela dan 50 watt/jam setiap harinya apabila diletakkan di dalam jendela.

Nah, ini bisa dijadikan solusi yang tepat buat kalian yang mengingankan rumah yang tetap terlihat indah dengan memasang tirai penghasil listrik yang satu ini dan bisa hemat energi juga.

Itulah informasi mengenai beberapa komponen bangunan rumah yang dapat menghasilkan energi listrik. semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.