Indonesia merupakan Negara yang memiliki pesona alam yang indah dan eksotis. Biasanya keindahan alam berada di kawasan pelosok desa dengan garis pantai yang elok. Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Indonesia juga memiliki keindahan bawah laut berupa terumbu karang yang sudah mendunia keindahannya. Ada banyak spesies laut  dan terumbu karang yang sudah tidak perlu diragukan lagi kecantikannya.

Sayangnya keindahan laut yang biru dan sangat menawan berbanding terbalik dengan keadaan masyrakat yang tinggal di kawasan atau daerah tersebut. Khususnya warga yang berada di kawasan pantai Indonesia yang berada di pelosok. Masalah utama yang terjadi di kawasan tersebut adalah kurangnya bahkan ketidaktersediannya pasokan energi listrik dari pemerintah Indonesia.

Biasanya hal ini terjadi karena letak daerah pelosok yang sulit di jangkau dari pusat pemerintah. Sehingga pemerintah juga merasa kesulitan untuk memasok energi listrik ke daerah tersebut. Padahal jika dilihat dari sumber energi listrik yang dapat digunakan, kawasan pantai Indonesia menjadi salah satu potensi sumber energi terbarukan yang cukup besar. Misalnya sumber energi dari angina,  cahaya matahari atau bahkan gelombang air laut.

SUMBER ENERGI LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN DAN TERBARUKAN

SUMBER ENERGI LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN DAN TERBARUKAN

Dengan adanya sumber energi ramah lingkungan dan terbarukan tersebut, kita rasa itu bisa digunakan sebagai solusi dalam mengatasi masalah kekurangan energi istrik di daerah pelosok pantai. Dengan adanya sumber energi ramah lingkungan tersebut dapat dimanfaatkan pemerintah dalam mengatasi masalah krisis energi listrik.

Sebelum kita membahas lebih mendalam mengenai potensi energi ramah lingkungan dan terbarukan di Indonesia. Sebaiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai apa saja sumber energi listrik ramah lingkungan dan terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk dikonversi menjadi energi listrik. Berikut beberapa sumber energi listrik ramah lingkungan dan terbarukan.

Sumber Energi Listrik Energi Matahari

Energi matahari atau surya dapat dikategorikan sebagai sumber energi ramah lingkungan. Selain matahari dapat bersinar sepanjang masa , hasil pengelolaan matahari juga tidak akan mengeluarkan limbah atau polusi. Oleh sebab itu, matahari termasuk ke dalam sumberenergi yang ramah lingkungan karena tidak merusak alam.

Matahari memiliki banyak manfaat mulai dari menyinari bumi dan memberikan kesehatan hingga menjadi sumber energi listrik dan lainnya. Sudah banyak teknologi terbarukan yang ada pada saat ini dengan memanfaatkan panel surya sebagai penangkap panas matahari dan mengubahnya dalam bentuk energi.

Sumber Energi Listrik Tenaga Angin

Angin juga termasuk ke dalam energi ramah lingkungan, alami dan terbarukan yang tidak akan menimbulkan pencemaran untuk menghasilkan energi listrik. Angin biasanya akan dimanfaatkan untuk menggerakkan turibin yang nantinya dapat menjadi pembangkit listrik.

Alat yang digunakan untuk menangkap angin adalah dengan menggunakan kincir angin. walaupun termasuk kedalam sumber energi yang ramah lingkungan, namun kincir angina masih memiliki kelemahan karena ketidakstabilan. Namun, energi listrik yang dihasilkan oleh kincir angin ini masih dapat dikatakan baik untuk dimanfaatkan sebagai penerangan.

Sumber Energi Listrik Gelombang Air Laut

Sumber Energi Listrik Gelombang Air Laut

Air merupakan sebuah sumber energi ramah lingkungan berikutnya yang akan menghasilkan limbah yang bersih. Gelombang air laut dengan arus yang cepat dapat digunakan sebagai pembangkit listrik dengan memasang kincir di bawah laut yang berguna untuk menggerakkan turbin listrik. Arus air laut yang cenderung stabil dapat dimanfaatkan secara lebih baik jika dibandingkan dengan kincir angin. Kita bisa memasang kincir di bawah laut untuk menggerakkan turbin dan generator untuk mengehasilkan energi yang ramah lingkungan.

Sumber Energi Listrik Panas Bumi

Selain panas matahari, panas matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi ramah lingkungan berikutnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bumi memiliki panas yang cukup tinggi di bagian tengahnya yang dimaksud dengan inti bumi.

Dengan memanfaatkan panas bumi maka akan mewujudkan terciptanya energi yang ramah lingkungan. Apalagi di Indonesia sendiri memiliki cadangan panas bumi yang sangat besar yang mancapai hingga 40% di dunia. Sebenarnya kita bisa memanfaatkan uap panas dari bumi ini untuk menggerakkan turbin dan hasil limbah dari uap air panas bumi tidak akan mencemari lingkungan.

Sumber Energi Listrik Minyak Sampah Plastik

Seperti yang sudah kita ketahui, sampah plastik merupakan suatu masalah yang sangat sulit diatasi pada saat ini dan dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir. Hal ini karena sampah plastik sulit sekali terurai di tanah, inilah yang membedakan dengan sampah organik dari sisa-sisa makanan. Bahkan hingga saat ini sampah plastik sulit sekali tergantikan sehingga dibutuhkan ide untuk menngkonversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Keuntungan yang akan didapatkan ketika sampah plastik dapat dijadikan sebagai bahan bakar adalah sampah plastik akan berkuranng. Selain itu, plastik juga tidak mampu menyerap air dan memiliki nilai kalor yang cukup tinggi setara dengan bensin dan solar.

Sumber Energi Listrik Biogas

Penduduk di daerah pelosok desa biasanya bermatapencaharian sebagai peternak hewan. Kotoran hewan sendiri bisa dimanfaatkan sebagai biogas yang nantinya dapat didajkan sebagai salah satu energi ramah lingkungan dan terbarukan. Biogas dapat dijadikan sebagai alternatf pengganti bahan bakar dan pembuatannya pun cukup sederhana dengan biaya yang terjangkau.  Dengan menggunakan energi ramah lingkungan ini kita tidak hanya akan menghemat biaya, namun juga dapat mengatasi masalah polusi dan sampah yang ada di Indonesia.

POTENSI SUMBER ENERGI RAMAH LINGKUNGAN DAN TERBARUKAN DI TANAH AIR

POTENSI SUMBER ENERGI RAMAH LINGKUNGAN DAN TERBARUKAN DI TANAH AIR

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja sumber energi ramah lingkungan dan terbarukan yang dapat kita manfaatkan. Kembali lagi pada pokok permasalahan kita yaitu potensi sumber energi ramah lingkungan yang ada di Indonesia.

Dari beberapa informasi yang sudah dijelaskan diatas, kita tahu bahwa Indonesia sendiri memiliki banyak sumber energi ramah lingkungan yang bisa dimanfaatkan khususnya di daerah pelosok pantai yang kurang atau bahkan tidak tersedia penerangan energi listrik.

Sumber-sumber energi ramah lingkungan diatas sebagian besar terdapat pada kawasan pantai yang ada di Indonesia seperti energi angin, gelombang air laut, dan energi matahari. Alat atau infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun pembangkit listrik adalah sebagai berikut.

Turbin atau Kincir Angin

Alat dan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin adalah kincir atau turbin angin. pembangkit listrik tenaga angin ini sangat potensial sekali dibangun di kawasan pantai di Indonesia  karena kecepatan angina yang jauh ebih cepat karena dekat dengan khatulistiwa. Tidak hanya itu, kecepatan angin di daerah pantai juga rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di pertengahan pulau atau suatu wilayah.

Fotovoltaik Alat Pembangkit LIstrik Tenaga Surya

Fotoviltaik atau sel surya  dibutuhkan untuk pembangkit listrik tenaga surya yang berfungsi untuk mengubah secara langsung energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan efek fotoelektrik. Lahan yang luas yang ada di tepi pantai memiliki potensi yang sangat bagus sekali untuk dibangun suatu PLTS yang dapat menghasilkan energi listrik yang cukup besar.

Pipa dan Turbin Gelombang Air Laut

Kawasan pantai Indonesia juga sangat berpotensi untuk dibangun suatu pembangkit listrik dengan memanfaatkan gelombang air laut yang arusnya cukup stabil dan kuat. Penggunaan pipa dan turbin dapat megubah energi mekanik dari gelombang laut menjadi energi listrik.

Bagaimana Tanah Air kita sangat berpotensi sekali bukan untuk membangun dan menciptakan energi ramah lingkungan dan terbarukan. Nah, sekarang waktunya para energimuda yang melakukan pembangunan energi ramah lingkungan dan terbarukan untuk Indonesia di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.