Hingga saat ini ide dan inovasi dalam menciptakan energi terbarukan memang terus dilakukan untuk mengatasi masalah energi yang kemungkinan akan habis. Salah satu energi yang sedang dicari solusinya agar tetap ada yaitu energi listrik.

Kalau kalian mengikuti berita mengenai teknologi atas energi listrik yang ada hingga saat ini pasti kalian sudah tahu kan, pemerintah Indonesia sendiri sedang gencar-gencarnya menciptakan dan mencoba membangun alternatf sumber energi listrik yang dapat digunakan jangka panjang. Tidak hanya di Indonesia di luar negeri sekalipun sudah banyak tercipta teknologi penghasil energi listrik yang terbarukan dan uga ramah lingkungan seperti misalnya di Amerika, Jerman, Denmark dan Negara-negara maju lainnya.

Penciptaan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan  yang dilakukan oleh berbagai macam Negara tersebut memang bertujuan untuk mengatasi masalah polusi dan juga sebagai alternatif dalam mengembangkan energi listrik yang tidak ada habisnya dan bisa terus ada.

PENTINGNYA UNDER WATER STORAGE DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Pentingnya Under Water Storage sebagai Solusi Surplus Energi Listrik

Seperti yang kita tahu, energi listrik merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat vital pada saat ini. Bagaimana tidak hampir semua aktivitas dan produk teknologi pada saat ini membutuhkan energi listrik dan sudah tidak dapat dipungkiri lagi nih adanya energi listrik dapat menyebabkan perkembangan yang signifikan di berbagai aspek kehidupan manusia. Misalnya dalam hal pendidikan, teknonologi, sosial dan budaya . Jika kalian bertanya pada orang yang hidup sebelum adanya energi listrik, maka hampir semua  peralatan bantu yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia atau dengan bantuan alami.

MENGENAL ARUS LISTRIK DALAM UNDER WATER STORAGE

Nah, sebelum mengenal tentang Under Water Storage sebagai surplus arus listrik dari bawah laut.  kita ingat-ingat lagi dulu yuk apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan arus listrik. Jadi, arus listrik sendiri merupakan suatu peristiwa alam yang terjadi karena adanya lompatan daerah negative karena kelebihan elektron ke arah daerah positif yang kekurangan elektron.

Nah, sumber energi yang cukup besar biasanya berupa sistem Pembangkit Tenaga Listrik (PTL) yang memang sengaja dirancang secara kompleks dengan memanfaatkan sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan bakar. Adapun bahan bakar yang biasanya digunakan adalah batu bara, gas alam, sinar matahari, nuklir dan angin.

Dari beberapa sumber daya alam tersebut terdapat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui oleh karena itu pemerintah pada saat ini sedang gencar-gencarnya menciptakan sumber energi listrik yang baru. Pada dasarnya bahan bakar yang digunakan tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin yang nantinya akan menghasilkan energi gerak atau energi kinetik untuk menggerakkan generator yang nantinya generator inilah yang akan menghasilkan energi listrik. Nah, energi listrik yang didapatkan nantinya dapat dikonversikan ke dalam bentuk energi yang lainnya seperti energi mekanik, kinetik, panas dan yang lainnya untuk keperluan rumah tangga ataupun industri.

Fenomena yang terjadi pada saat ini khususnya di Negara Indonesia adalah kebutuhan dan konsumsi akan energi listrik terus meningkat di setiap tahunnya . Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melakukan program peningkatan daya listrik saah satunya adalah dengan adanya rencana pembangunan daya listrik sebesar 35.000 Mega Watt.

Pembangunan peningkatan daya listrik ini diwuudkan dalam bentuk Under Water Storage sebagai salah satu solusi alternatif yang digunakan untuk keberlangsungan energi Indonesia hingga di masa depan. Pemerintah Indonesia sendiri, memprediksikan jika penggunaan energi diperkirakan akan terus meningkat dengan diiringi dengan sumber daya yang semakin menipis.

Oleh karena itu, sumber energi terbarukan masih dalam tahap pengembangan jangka panjang di Negara Indonesia. Selain itu, penggunaaan energi terbarukan ini juga diharapkan lebih efisien jika dikombinasikan dengan Under Water Storage ini.

APA ITU UNDER WATER STORAGE?

apa itu uder water storage

Nah, dari tadi kalian pasti bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan Under Water Storage. Jadi, Under Water Storage merupakan sistem energi penyimpanan dengan  memanfaatkan energi yang ada di bawah laut.

Under Water Storage ini memiliki prinsip yang sama dengan baterai pada umumnya yakni berfungsi sebagai penyimpan energi yang sudah diserap. Namun yang membedakannya adalah Under Water Storage Energy merupakan bentuk energi yang disimpan dan juga dikonversikan. Sedangkan baterai merupakan penyimpan energi yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik dan Under Water Storage ini mengubah energi mekanik meadi energi listrik dengan bantuan tekanan dari hidrolitas air laut.

Under Water Storage Energy merupakan sistem penyimpanan yang memiliki kapasits yang besar dan cocok untuk penggunaan energi listrik dengan skala besar. Hal inilah yang membedakan dengan baterai, Under Water Storage tidak menggunakan bahan kimia dan dapat dikombinasikan dengan berbagai sumber energi salah satunya adalah sumber energi terbarukan.

Under Water Storage merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan prinsip konversi energi. sebelumnya teknologi ini sudah diuji di Negara seperti Toronto, Kanada. Setelah diuji coba ternyata, teknologi ini memang sangat menguntungkan untuk digunakan secara jangka panjang.

CARA KERJA UNDER WATER STORAGE

Cara Kerja Under Water Storage

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Under Water Storage ini sangat bermanfaat sekali dalam menyimpan energi listrik dengan kapasitas yang cukup besar sebagai surplus. Adapun cara kerja dari teknologi Under Water Storage ini adalah sebagai berikut.

  • Memanfaatkan Pengaktif Kompresor atau Heater

Under Water Storage sebagai  teknologi penyimpan energi bawah laut memanfaatkan udara yang terkompresi untuk dikonversikan menjadi energi listrik. jadi, prinsip kerja dari Under Water Storage ini memanfaatkan energi listrik yang nantinya digunakan untuk mengaktifkan kompresor dan heater sehingga dapat menghasilkan udara yang memiliki tekanan yang tinggi.

  • Menyimpan Panas di Heat Tank

Nantinya panas dari udara yang didapatkan dari kompresor dan heater akan disimpan di dalam heat tank sedangkan udara yang memiliki tekanan yang tinggi akan menuju ke balon yang diletakkan di dasar laut.

  • Energi Listrik Dilepaskan dari Dasar Laut

Pada saat energi listrik dibutuhkan oleh masyarakat, maka udara yang sudah terkompresi tersebut nantinya akan dilepaskan dari dasar laut dengan cara memanfaatkan tekanan bawah aut yang kemudian akan menuju ke unit heater dan berubah menjadi udara panas (superheater) yang akan membuat turbin berputar. Disamping itu generator juga akan berkerja untuk menghasilkan listrik kembali.

Dalam hal ini yang paling penting adalah kedalaman dari balon udara untuk dapat mendistribusikan udara ke permukaan. Peran balom udara dalam hal ini adalah sebagai wadah penyimpan yang sangat berperan penting dan dapat ditambah jumlahnya jika membutuhkan energi yang lebih besar.

Di Toronto, Kanada sendiri kedalaman balon udara yang diimplementasikan sekitar 50 meter di bawah permukaan laut dengan jarak sekitar 2,5 kilometer dari garis pantai. Energi listrik yang dihasilkan memiliki tingkat efesiensi sekitar 60 hingga 70 persen.

Dengan menggunkan teknologi Under Water Storage Indonesia dapat meninngkatkan efisiensi dalam penggunaan energi listrik. Ditambah lagi, surplus dari energi listrik yang ada di Indonesia juga akan menjadi peluang besar untuk menggunakan teknologi penyimpan energi listrik di bawah laut dengan Under Water Storage ini.

Wah, pasti sangat bermanfaat sekali bukan jika hal ini nantinya memang benar-benar dapat diwujudkan. Itulah informasi mengenai Under Water Storage. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.