Pada saat ini kebutuhan akan listrik baik dalam suatu rumah tangga dan suatu industri memang tergolong sebagai kebutuhan pokok dan sangat penting sekali. bagaimana tidak? Semua perabotan rumah tangga yang dibuat pada saat ini mayoritas menggunakan energi listrik untuk menjalankannya. Misalnya seperti kulkas, televisi hingga peralatan masak pun ada banyak yang sudah menggunakan energi listrik.

Hal inilah yang biasanya akan membuat pengeluaran biaya rumah tangga menjadi besar. Kebayang kan kalau misalnya kebutuhan akan biaya listrik rumah tangga semakin besar, orang tua kita juga bakalan bingung untuk mengatur keuangan dan bisa-bisa uang jajan kita sebagai seorang anak akan terpotong. Wah, hal yang menyeramkan sekali bukan?

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa mengaplikasikan cara membuat listrik tenaga surya sederhana dalam rumah ini. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya di pembahasan artikel berikut ini.

CARA MEMBUAT LISTRIK TENAGA SURYA DIRUMAH

Cara menghasilkan energi listrik melalui tenaga surya yang dapat kalian buat secara sederhana  ini sebenarnya cukup mudah, jika kalian telaten dalam membuatnya. Sesuai dengan namanya, listrik tenaga surya merupakan energi listrik yang didapatkan dengan memanfaatkan panas dari terik dan sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber daya yang tidak ada habisnya meskipun terkadang terhambat oleh adanya faktor cuaca yang membuat matahari tidak memancarkan sinar dan panasnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di postingan sebelumnya mengenai beberapa komponen bangunan yang diinovasi untuk menyerap panas sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik. Pada beberapa dekade terakhir ini, energi listrik tenaga surya memang sedang digalakkan oleh kebanyakan perusahaan yang ada diseluruh dunia sebagai alternatif pengganti sumber energi listrik seperti minyak bumi yang akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Oleh karena itu, banyak perusahaan besar di dunia yang menciptakan ide dan inovasi dalam menghasilkan energi listrik tenaga surya ini. Ada banyak cara dan inovasi dari perusahaan dalam mengembangkan energi terbarukan ini misalnya penggunaan panel pada atap atau genting rumah, jendela dan bahkan tirai yang dapat menghasilkan energi listrik. Dengan mengoptimalkan penggunaan listrik tenaga surya diharapkan mampu menjadi suatu energi alternatif ramah lingkungan yang dapat digunakan sepanjang masa secara gratis.

MANFAAT MENGGUNAKAN LISTRIK TENAGA SURYA DIRUMAH

 

Langkah-langkah Cara Membuat Energi Listrik Tenaga Surya Sederhana

Berikut beberapa manfaat menggunakan energi listrik tenaga surya dirumah yang akan kalian dapatkan.

  • Hemat Biaya

Dengan mengaplikasikan cara membuat energi listrik tenaga surya yang sederhana dirumah, secara tidak langsung kalian dapat membantu orang tua mengatasi masalah biaya tagihan listrik di setiap bulannya. Sangat menarik sekali bukan?

  • Membantu Selamatkan Bumi

Tidak hanya itu, kalian juga secara tidak langsung membantu membantu selamatkan bumi dari ancaman global warming. Hal ini karena penggunaan tenaga surya sebagai pembangkit listrik tidak menghasilkan polusi yang dapat merusak ozon bumi. Bahan baku utama yang digunakan untuk menciptakan energi listrik adalah panel surya atau solar sell yang berfungsi untuk menangkap energi panas matahari.

Alat ini terbuat dari silikon yang diproses dengan teknologi yang canggih dan memiliki daya tangkap panas dari sinar matahari dan mampu menghasilkan energi listrik yang luar biasa besar.

Nah untuk bisa mendapatkan alat penangkap matahari yang nantinya dapat diubah menjadi energi listrik tentu saja tidak dijual dengan harga yang murah. Kalian membutuhkan biaya yang besar dan biasanya alat ini akan ditemukan di toko-toko elektronik yang sudah memiliki nama yang besar karena diproduksi dari luar negeri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa mencoba beberapa cara membuat listrik tenaga surya sederhana berikut ini untuk keperluan rumah tangga. Kalian bisa mensiasatinya dengan menggunakan perangkat sederhana yang sejenis dan tentunya lebih murah yang dapat anda beli di toko besi terdekat. Misalnya saja bahan silikon yang biasa digunakan sebagai penangkap panas matahari, bisa kalian ganti dengan curprouse oxide, yang merupakan bahan utama solar cell yang bisa memberikan efek fotoelektrik untuk mengubah panas terik matahari menjadi energi listrik.

BAHAN BAKU MEMBUAT ENERGI LISTRIK TENAGA SURYA SEDERHANA DIRUMAH

Pertama-tama kalian harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat listrik tenaga surya sederhana di rumah berikut ini.

  • Siapkan selembar plat tembaga berkilat yang bisa kalian dapatkan di toko besi terdekat sekitar rumah kalian
  • 2 capit buaya;
  • Kompr listrik;
  • Botol plastic bening atau bekas botol air mineral ukuran besar. Kalian bisa memotong bagian atas botol air tersebut;
  • Micro ammeter yang merupakan alat yang digunakan untuk membaca arus listrik yang berada diantara 10-50 micro Amper;
  • Gunting untuk memotong plat tembaga nantinya;
  • Ampelas untuk membersihkan plat tembaga;
  • 2 sendok makan garam dapur, pastikan kalian meminta ijin ibu kalian dulu ya teman-teman;
  • Air keran separuh botol plastik.

LANGKAH-LANGKAH CARA MEMBUAT ENERGI LISTRIK TENAGA SURYA SEDERHANA

Setelah kalian sudah menyiapkan bahan-bahan yang sudah diperlukan, kalian bisa ikuti langkah-langkah pembuatan Energi Listrik Tenaga Surya Sederhana berikut ini

Bahan Baku Membuat Energi Listrik Tenaga Surya Sederhana

Siapkan Lembaran Tembaga

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan lembaran tembaga yang nantinya akan digunakan sebagai alat penangkap sinar dan panas surya. Potong lembaran tembaga selebar luas pengapian kompor listrik yang akan digunakan untuk proses pembakaran.

Pastikan tidak ada minyak atau lemak yang menempel pada lembaran tembaga karena hal ini dapat menghambat diserapnya sinar atau panas matahari yang akan diubah menjadi energi listrik. kalian bisa mengamplasnya terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran yang menempel dan biarkan kering.

Proses Pembakaran dan Pendinginan Tembaga

Siapkan kompor listrik untuk melakukan proses pembakaran lembaran tembaga. Letakkan diatas kompor listrik dan panasi dengan voltasi yang tinggi, tunggu selama kurang lebih 30 menit hingga lembaran tembaga menghitam.Dinginkan, lapisan hitam pada tembaga akan mengelupas selama proses pendinginan dan lapisan tipis tembaga akan tetap menempel.

Pastikan kalian melakukan pendinginan secara alami agar lapisan hitam yang menempel pada lembaran tembaga mengelupas secara efektif. proses pendinginan juga akan berlangsung kurang lebih selama 30 menit. Jadi kalian harus sabar menunggu hingga tembaga dingin sempurna.

Proses Pembersihan Tembaga

Setelah tembaga dingin, sekarang kalian bisa membersihkan tembaga dengan cara mencuci dan menggosoknya dengan tangan dengan menggunakan air yang mnegalir untuk membersihkan serbuk hitam sisa pembakaran sebelumnya.

Lakukan secara perlahan dan pastikan kalian tidak menekuk lembaran tembaga karena akan merusak lapisan merah dari oksidasi corpus hasil pembakaran yang dilakukan sebelumnya karena inilah bahan utama yang digunakan untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Proses Perakitan

Setelah itu, kalian bisa menyiapkan lembaran tembaga yang kedua. Nah, lembaran tembaga kedua ini tidak usah dibakar. Masukkan lembaran tembaga pertama ke dalam botol plastik kemudian tempelkan sisi plastik dan pastikan menghadap ke sinar matahari. Sedangkan untuk tembaga kedua diletakkan berhadapan dengan tembaga pertama namun jangan sampai kedua tembaga bersentuhan.

Setelah selesai, kalian bisa memasukkan air sebanyak setengah gelas pelastik yang sudah dicampur dengan 2 sendok garam dapur  ke dalam botol plastik hingga separuh botol. Selanjutnya pasang capit buaya di ujung kedua tembaga tersebut dan sambungkan dengan micro ampere. Pasang ujung kabel negatif pada tembaga yang pertama dan ujung kabel positif pada tembaga kedua.

Letakkan di bawah sinar matahari, dengan menggunakan alat sederhana ini energi listrik yang dihasilkan dapat mencapai sekitar 33 hingga 50 micro ampere dan dapat menghidupkan lampu sebesar 5 watt. Nah, untuk memperbesar energi listrik kalian bisa memperluas lembaran tembaga oksida corpus ini.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Itulah informasi mengenai cara membuat energi listrik tenaga surya sederhana dirumah. Semoga bermanfaat, terimakasih.